Kamis, 27 Januari 2011

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
MATA PELAJARAN : AQIDAH – AKHLAK
KELAS : VIII-1
STANDAR
KOMPETENSI KOMPETENSI
DASAR INDIKATOR KOMPLEKSITAS DAYA
DUKUNG INTAKE KKM
INDOKATOR KKM
S. KOMPETENSI
AKIDAH
1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah 1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah







1. Menjelaskan arti kitab menurut bahasa dan istilah
2. Menyebutkan arti suhuf menurut bahasa dan istilah
3. Menjelaskan perbedaan antara kitab dan suhuf
4. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT
1.2 Menunjukkan bukti kebenaran adanya kitab-kitab allah SWT.
1. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab Allah SWT yang diturunkan kepada nabi dan rasul

1.3 Menjelaskan macam-macam fungsi dan isi kitab Allah SWT.
1. Menjelaskan macam-macam kitab allah yang diturunkan kepada para nabi/rasul
2. Menjelaskan fungsi diturunkannya kitab-kitab allah
3 . Menjelaskan isi pokok kitab yang diturunkan kepada para nabi/rasul

1.4 Menampilkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab- kitab Allah SWT
1. Menjelaskan manfaat orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
2. Menjelaskan akibat buruk orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
3. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

AKHLAK
1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri 1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah

1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
2. Menjelaskan pentingnya memiliki sikap tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari - hari
3. Menunjukan dalil naqli tentang tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah

1.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah

1.Mengelompokan bentuk- bentuk prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah

2.Menunjukan contoh – contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah

1.3 Menunjukan nilai- nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan
Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan

1.4 Menampilkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari - hari

akhlak tercela terhadap diri sendiri 2.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
1. Pengertian akhlak tercela
2. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
3. Membacakan dalil nakli tentang ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur

2.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
Mengelompokkan bentu-bentuk dari perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
2.Menunjukkan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur

2.3 Menunjukan nilai- nilai negatif akibat dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
1. Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
2. Menyebutkan akibat buruk dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur


2.4 Membiasakan diri menghidari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
1. Menunjukkan sikap menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
2. Menyebutkan cara menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur


Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit

T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2010
Guru Mata Pelajaran

Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar