Kamis, 27 Januari 2011

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN : AQIDAH – AKHLAK
KELAS : IX-1
STANDAR
KOMPETENSI KOMPETENSI
DASAR INDIKATOR KOMPLEKSITAS DAYA
DUKUNG INTAKE KKM
INDOKATOR KKM
S. KOMPETENSI
AKIDAH
1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir

1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir

1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir
2. Menjelaskan gambaran terjadinya hari akhir yang dijelaskan dalam al-quran
3. Menyebutkan nama-nama lain dari hari akhir

75


1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
1. Menjelaskan bukti/dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir
2. Menerjemahkan dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir


1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
1. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa akan terjadinya hari akhir
2. menjelaskan tanda-tanda hari akhir secara umum dan khusus



1.4 Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir


1. Menjelaskan pengertian tentang alam gaib
2. Menyebutkan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
3. Menjelaskan pengertian alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir yaitu barzah, mahsyar, hisab, mizan, surga dan neraka


1.5 Menampilkan prilaku yang mencerminkan terhadap hari akhir

1. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir

AKHLAK
1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri 1.1 Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
1. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
2. Menjelaskan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif

1.2 Mengidentifika-si bentuk dan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
1. Mengelompokkan bentuk-bentuk prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
2. Memberikan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif


1.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari


1. Menunjukkan nilai-nilai prilaku positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari

1.4 Membiasakan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan 1. Siswa mengaplikasikan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit

T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2010
Guru Mata Pelajaran

Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar