Kamis, 27 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) इक्स-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 1,2 / 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir Indikator : 1.1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir 1.2. Menjelaskan gambaran terjadinya hari akhir yang dijelaskan dalam al-quran 1.3. Menyebutkan nama-nama lain dari hari akhir Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir 2. Menjelaskan gambaran terjadinya hari akhir yang dijelaskan dalam al-quran 3. Menyebutkan nama-nama lain dari hari akhir Materi Pembelajaran : - Beriman kepada hari Akhir Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 3 / 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir Kompetensi Dasar : 1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir Indikator : 2.1. Menjelaskan bukti/dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir
2.2.Menerjemahkan dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan bukti/dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir
2.Menerjemahkan dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir
Materi Pembelajaran : - Bukti/dalil tentang kebenaran akan terjadinya hari akhir Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 3 / 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir Kompetensi : 1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yan berhubungan dengan hari akhir Indikator : 3.1. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa akan terjadinya hari akhir
3.2. Menjelaskan tanda-tanda hari akhir secara umum dan khusus
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa akan terjadinya hari akhir
2. Menjelaskan tanda-tanda hari akhir secara umum dan khusus
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 3 ,4/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
Kompetensi Dasar : 1.4 Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir Indikator : 4.1. Menjelaskan pengertian tentang alam gaib 4.2. Menyebutkan macam-macam alam gaib yang dengan hari akhir 4.3. Menjelaskan pengertian alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir yaitu barzah, mahsyar, hisab, mizan, surga dan neraka Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian tentang alam gaib 2. Menyebutkan macam-macam alam gaib yang dengan hari akhir 3. Menjelaskan pengertian alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir yaitu barzah, mahsyar, hisab, mizan, surga dan neraka Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit


T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 4,5/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
Kompetenasi Dasar : 1.5. Menampilkan prilaku yang mencerminkan terhadap hari akhir Indikator : 1. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : . Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir Metode Pembelajaran : Prilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 6,7/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : Akhlak 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif Indikator : 1.1. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif 1.2. Menjelaskan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif 2. Menjelaskan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif Materi Pembelajaran : Pengertian berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 6,7/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : Akhlak 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifika-si bentuk dan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Indikator : 2.1. Mengelompokkan bentuk-bentuk prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
2.2.Memberikan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
2.3.Menunjukkan nilai-nilai prilaku positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari- hari
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : Mengelompokkan bentuk-bentuk prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Memberikan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Menunjukkan nilai-nilai prilaku positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari- hari
Materi Pembelajaran : Bentuk-bentuk dan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motivasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 8,/ 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : Akhlak 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari- hari Indikator : 3.1. Menunjukkan nilai-nilai prilaku positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari- hari
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menunjukkan nilai-nilai prilaku positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari
2. Mengidentifika-si bentuk dan contoh-contoh prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Materi Pembelajaran : Nilai-nilai positif berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari Metode Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi.
Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : IX / 1 Pertemuan /Waktu : 9/ 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : Akhlak 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.4 Membiasakan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan
Indikator : Siswa mengaplikasikan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : Siswa mengaplikasikan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : Membiasakan prilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan sehari-hari
Metode Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi.
Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelompoknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas IX “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 ULIi 2010
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar