Kamis, 27 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) वी-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII/ II Pertemuan /Waktu : 1 ( 2 X 40 Menit ) Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah SWT Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada rasul- rasul Allah SWT. 4.2. Menunjukkan bukti / dalil kebenaran adanya rasul-rasul Allah SWT. Indikator : 4.1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingya beriman kepada rasul- rasul Allah SWT. 4.2.1. Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada rasul-rasul Allah 4.2.2. Menyebutkan bukti / dalil adanya kebenaran rasul-rasul 4.2.3. Menyebutkan nama-nama rasul yang wajib diketahui
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menyebutkan pengertian beriman kepada rasul-rasul Allah SWT. 2. Menyebutkan dalil naqli tentang beriman kepada rasul-rasul Allah SWT. 3. Menyebutkan bukti/dalil kebenaran adanya rasul-rasul Allah SWT. 4. Menyebutkan nama-nama rasul yang wajib diketahui dan diimani. Materi Pembelajaran : 1. Pengertian beriman kepada rasul-rasul Allah SWT. 2. Dalil naqli tentang adanya rasul QS. Yunus : 47 3. Nama-nama rasul yang wajib diketahui. Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII/ II Pertemuan /Waktu : 2 ( 2 X 40 Menit ) Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah SWT Kompetensi Dasar : 4.3. Menguraikan sifat-sifat rasul Allah SWT
4.4. Menampilkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah SWT dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 4.3.1. Menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul Allah 4.3.2. menyebutkan sifat sifat wajib yang dimiliki rasul 4.3.3 . Menyebutkan sifat-sifat mustahil bagi rasul 4.3.4. Menunjukkan dalil naqli tentang sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul 4.3.5. Menyebutkan sifat jaiz bagi rasul Allah SWT 4.4.1. Menjelaskan cara-cara mentaati dan mencintai rasul 4.4.2. Menunjukkan sikap dan prilaku meneladani sifat wajib para Rasul 4.4.3. Mengaplikasikan sifat-sifat rasul dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : - Menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul Allah - Menyebutkan sifat sifat wajib yang dimiliki rasul - Menyebutkan sifat-sifat mustahil bagi rasul - Menunjukkan dalil naqli tentang sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul - Menyebutkan sifat jaiz bagi rasul Allah SWT - Menjelaskan cara-cara mentaati dan mencintai rasul - Menunjukkan sikap dan prilaku meneladani sifat wajib para Rasul - Mengaplikasikan sifat-sifat rasul dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : 1.. Bukti/dalil tentang kebenaran adanya Rasul allah SWT 2. Sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”



Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ;





Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII/ II Pertemuan /Waktu : 3 ( 2 X 40 Menit ) Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah SWT Kompetensi Dasar : 4.5. Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah dan irhas) 4.6. Menunjukkan hikmah adanya Mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah dan irhas) bagi rasul Allah dan orang-orang pilihan
Indikator : 4.5.1. Menyebutkan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah dan irhas) 4.5.2. Menunjukkan contoh mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya(karomah, maunah dan irhas) 4.5.3. Menjelaskan fungsi mukjizat bagi para nabi 4.5.4. Menjelaskan macam-macam mukjizat 4.5.5. Membacakan dalil naqli tentang mukjizat 4.5.6. Menjelaskan hikmah adanya mukjizat allah bagi para rasul 4.6.1 .Menjelaskan hikmah karomah dan irhas bagi orang pilihan Allah 4.6.2. Menyebutkan persamaan dan perbedaan mukjizat dengan karomah, maunah dan irhas
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : - Menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul Allah - Menyebutkan sifat sifat wajib yang dimiliki rasul - Menyebutkan sifat-sifat mustahil bagi rasul - Menunjukkan dalil naqli tentang sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi rasul - Menyebutkan sifat jaiz bagi rasul Allah SWT - Menjelaskan cara-cara mentaati dan mencintai rasul - Menunjukkan sikap dan prilaku meneladani sifat wajib para Rasul - Mengaplikasikan sifat-sifat rasul dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : 1. Perilaku yang mencerminkan orang beriman kepada Rasul Allah SWT dan mencintai Nabi Muhammad SAW 2. Mukjizat Rasul Allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.

C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ;





Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII/ II Pertemuan /Waktu : 4 ( 2 X 40 Menit ) Standar Kompetensi : 6. Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama Kompetensi Dasar : 6.1. Menjelaskan pengertian dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 6.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 6.3. Menunjukkan nilai positif dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun
6.4. Membiasakan prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun
Indikator :1. Menjelaskan pengertian husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 2. Menjelaskan pentingnya prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun terhadap sesama manusia 3. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 4. Memberi contoh prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 5. Mengelompokan nilai-nilai positif dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 6. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk prilaku husnudzan, tawaadhu , tasamuh, dan taawun dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : Menjelaskan pengertian dan pentingya, bentuk dan contoh, nilai positif serta membiasakan perilaku husnuzhan, tawaduk, tasamuh, dan taawun.
Materi Pembelajaran : - Pengetian dan pentingnya husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Bentuk dan contoh prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Nilai-nilai positif dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Membiasakan prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.
C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”



Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir



Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII/ II Pertemuan /Waktu : 5 ( 1 X 40 Menit ) Standar Kompetensi : 7 Menghindari akhlak tercela kepada sesama Kompetensi Dasar : 7.1. Menjelaskan pengertian hasad,dendam,ghibah, fitnah dan namimah 7.2. Menyebutkan bentuk/contoh dari perbuatan hasad,dendam,ghibah,fitnah san namimah . 7.3. Menbyebutkan nilai negatif perbuatan hasad,dendam,ghibah,fitnah dan namimah, 7.4. Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarahkan prilaku hasad,dendam,ghibah,fitnah dan namimah , ,
Indikator 1. Menjelaskan pengertian hasad,dendam,ghibah,fitnah dan namimah 2. Menyebutkan bentuk /contoh prilakahasad,dendam,ghibah,fitnah dan namimah 2. Menjelaskan pentingnya prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun terhadap sesama manusia 3. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 4. Memberi contoh prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 5. Mengelompokan nilai-nilai positif dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun 6. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk prilaku husnudzan, tawaadhu , tasamuh, dan taawun dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : Menjelaskan pengertian dan pentingya, bentuk dan contoh, nilai positif serta membiasakan perilaku husnuzhan, tawaduk, tasamuh, dan taawun.
Materi Pembelajaran : - Pengetian dan pentingnya husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Bentuk dan contoh prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Nilai-nilai positif dari husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun - Membiasakan prilaku husnudzan, tawaadhu, tasamuh, dan taawun
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.



C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir



Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar