Kamis, 19 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )VIII-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )VIII-1

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 1 / 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : 1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah Kompetensi Dasar : 1.1.Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah
1.2Menunjukkan bukti kebenaran adanya kitab-kitab allah SWT.
Indikator : 1. Menjelaskan arti kitab menurut bahasa dan istilah 2. Menyebutkan arti suhuf menurut bahasa dan istilah 3. Menjelaskan perbedaan antara kitab dan suhuf 4. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan arti kitab menurut bahasa dan istilah 2. Menyebutkan arti suhuf menurut bahasa dan istilah 3. Menjelaskan perbedaan antara kitab dan suhuf 4. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : Beriman kepada kitab- kitab allah Bukti/dalil tentang kebenaran adanya kitab-kitab allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 2,3/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan macam-macam fungsi dan isi kitab Allah SWT.
1.4. Menampilkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab- kitab Allah SWT
Indikator : 3. 1. Menjelaskan macam-macam kitab allah yang diturunkan kepada nabi/rasul 3.2. Menjelaskan fungsi diturunkannya kitab-kitab allah 3.3 . Menjelaskan isi pokok kitab yang diturunkan kepada para nabi/rasul 4.1. Menjelaskan manfaat orang yang beriman kepada kitab- kitab Allah SWT 4.2. Menjelaskan akibat buruk orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.3. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 3. 1. Menjelaskan macam-macam kitab Allah yang diturunkan kepada nabi/rasul 3.2. Menjelaskan fungsi diturunkannya kitab-kitab allah 3.3 . Menjelaskan isi pokok kitab yang diturunkan kepada para nabi/rasul 4.1. Menjelaskan manfaat orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.2. Menjelaskan akibat buruk orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.3. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT Materi Pembelajaran : Macam-macam fungsi dan isi pokok kitab-kitab allah Perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”




Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 4,5/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKHLAK 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi : 1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menjelaskan pentingnya memiliki sikap tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari 3. Menunjukan dalil naqli tentang tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1. Mengelompokan bentuk- bentuk prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menunjukan contoh – contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menjelaskan pentingnya memiliki sikap tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari 3. Menunjukan dalil naqli tentang tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1. Mengelompokan bentuk- bentuk prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menunjukan contoh – contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Materi Pembelajaran : - Pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Bentuk dan contoh- contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.


C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 6,7/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKHLAK 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi : 1.3 Menunjukan nilai- nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1.4 Menampilkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar

Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”






Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 8,9/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : (AKHLAK) 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.3 Menunjukan nilai- nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1.4 Menampilkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar

Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”






Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 10,11/ 4 X 40 Menit Stanadar Kompetensi : 2. Menghindari akhlak tercela terhadap diri sendiri Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Indikator : 1. Pengertian akhlak tercela 2. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 3. Membacakan dalil nakli tentang ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 1.Mengelompokkan bentu-bentuk dari perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.Menunjukkan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian akhlak tercela 2. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 3. Membacakan dalil nakli tentang ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 1.Mengelompokkan bentu-bentuk dari perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.Menunjukkan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”


Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 12,13 / 4 X 40 Menit Stanadar Kompetensi : 2. Menghindari akhlak tercela terhadap diri sendiri Kompetensi Dasar : 2.3 Menunjukan nilai- nilai negatif akibat dari ananiah, asa, ghodob, tamak dan takabur 2.4 Membiasakan diri menghidari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Indikator : - Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan akibat buruk dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menunjukkan sikap menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan cara menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : - Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak takabur - Menyebutkan akibat buruk dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menunjukkan sikap menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan cara menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar




Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002



Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 1 / 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : 1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah Kompetensi Dasar : 1.1.Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah
1.2Menunjukkan bukti kebenaran adanya kitab-kitab allah SWT.
Indikator : 1. Menjelaskan arti kitab menurut bahasa dan istilah 2. Menyebutkan arti suhuf menurut bahasa dan istilah 3. Menjelaskan perbedaan antara kitab dan suhuf 4. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan arti kitab menurut bahasa dan istilah 2. Menyebutkan arti suhuf menurut bahasa dan istilah 3. Menjelaskan perbedaan antara kitab dan suhuf 4. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : Beriman kepada kitab- kitab allah Bukti/dalil tentang kebenaran adanya kitab-kitab allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 2,3/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan macam-macam fungsi dan isi kitab Allah SWT.
1.4. Menampilkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab- kitab Allah SWT
Indikator : 3. 1. Menjelaskan macam-macam kitab allah yang diturunkan kepada nabi/rasul 3.2. Menjelaskan fungsi diturunkannya kitab-kitab allah 3.3 . Menjelaskan isi pokok kitab yang diturunkan kepada para nabi/rasul 4.1. Menjelaskan manfaat orang yang beriman kepada kitab- kitab Allah SWT 4.2. Menjelaskan akibat buruk orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.3. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 3. 1. Menjelaskan macam-macam kitab Allah yang diturunkan kepada nabi/rasul 3.2. Menjelaskan fungsi diturunkannya kitab-kitab allah 3.3 . Menjelaskan isi pokok kitab yang diturunkan kepada para nabi/rasul 4.1. Menjelaskan manfaat orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.2. Menjelaskan akibat buruk orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT 4.3. Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT Materi Pembelajaran : Macam-macam fungsi dan isi pokok kitab-kitab allah Perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”




Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 4,5/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKHLAK 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi : 1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menjelaskan pentingnya memiliki sikap tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari 3. Menunjukan dalil naqli tentang tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1. Mengelompokan bentuk- bentuk prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menunjukan contoh – contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menjelaskan pentingnya memiliki sikap tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari 3. Menunjukan dalil naqli tentang tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 1. Mengelompokan bentuk- bentuk prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah 2. Menunjukan contoh – contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Materi Pembelajaran : - Pengertian dan pentingnya tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Bentuk dan contoh- contoh prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.


C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 6,7/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKHLAK 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi : 1.3 Menunjukan nilai- nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1.4 Menampilkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar

Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”






Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 8,9/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : (AKHLAK) 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri Kompetensi Dasar : 1.3 Menunjukan nilai- nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1.4 Menampilkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Indikator : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Mengklasifikasikan nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam fenomena kehidupan 1. Menunjukkan prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah dalam kehidupan sehari – hari Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai positif dari tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah - Prilaku tawakal , ikhtiar, sabar syukur dan kona’ah Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar

Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”






Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 10,11/ 4 X 40 Menit Stanadar Kompetensi : 2. Menghindari akhlak tercela terhadap diri sendiri Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh- contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Indikator : 1. Pengertian akhlak tercela 2. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 3. Membacakan dalil nakli tentang ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 1.Mengelompokkan bentu-bentuk dari perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.Menunjukkan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian akhlak tercela 2. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 3. Membacakan dalil nakli tentang ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 1.Mengelompokkan bentu-bentuk dari perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur 2.Menunjukkan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar
Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”


Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VIII-1 Pertemuan /Waktu : 12,13 / 4 X 40 Menit Stanadar Kompetensi : 2. Menghindari akhlak tercela terhadap diri sendiri Kompetensi Dasar : 2.3 Menunjukan nilai- nilai negatif akibat dari ananiah, asa, ghodob, tamak dan takabur 2.4 Membiasakan diri menghidari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Indikator : - Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan akibat buruk dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menunjukkan sikap menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan cara menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : - Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak takabur - Menyebutkan akibat buruk dari ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menunjukkan sikap menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menyebutkan cara menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur Materi Pembelajaran : - Nilai – nilai negatif akibat ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur - Menghindari prilaku ananiah, putus asa, ghodob, tamak dan takabur
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar




Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ -Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar