Kamis, 27 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) वी-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 1,2 / 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Memahami dasar dan tujuan Akidah Islam Kompetensi Dasar : 1.1Menjelaskan dasar dan tujuan Akidah Islam 1.2.Menunjukkan dalil tentang dasar tujuan Akidah Islam Indikator : 1. 1. Menjelaskan pengertian akidah menurut bahasa dan istilah 1. 2. .Menjelaskan dasar akidah Islam 1. 3. .Menjelaskan tujuan mempelajari akidah Islam 2. 1. .Membacakan dalil naqli tentang dasar dan tujuan akidah Islam . 2. 2. Menterjemah-kan dalil naqli tentang dasar dan tujuan akidah Islam Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1. 1. Menjelaskan pengertian akidah menurut bahasa dan istilah 1. 2. .Menjelaskan dasar akidah Islam 1. 3. .Menjelaskan tujuan mempelajari akidah Islam 2. 1. .Membacakan dalil naqli tentang dasar dan tujuan akidah Islam . 2. 2. Menterjemah-kan dalil naqli tentang dasar dan tujuan akidah Islam Materi Pembelajaran : - Pengertrian,dasar dan tujuan akidah Islam
-- Dalil naqli tentang dasar dan tujuan akidah Islam
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”








Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 3,4 / 4 X 40 Menit
Standar Kompetensi : AKIDAH 1. Memahami dasar dan tujuan Akidah Islam
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ikhsan
1.4.Menujukan dalil naqli tentang Iman, Islam dan Ikhsan
Indikator :
3. 1. Menjelaskan pengertian Iman,Islam dan Ihsan
3. 2. Menjelaskan hubungan Iman ,Islam Dan Ihsan
4. 1. Membacakan dalil naqli tentang Iman,Islam danIhsan
5. Menterjemahkan dalil naqli tentang Iman,Islam
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan da;pat :
1. Menjelaskan pengertian Iman,Islam dan Ihsan
2. Menjelaskan hubungan Iman ,Islam Dan Ihsan
1. Membacakan dalil naqli tentang Iman,Islam danIhsan
3.Menterjemahkan dalil naqli tentang Iman,Islam
Materi Pembelajaran : - Pengertian dan hubungan antara Iman , Islam dah Ihsan - Dalil naqli tentang Iman , Islam dan Ihsan
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 5 / 2 X 40 Menit Standar Kompetensi : 2.Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat- sifatnya Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentipikasikan sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah 2.2. Menunjukkan bukti atau dalil naqli dan aqli dari sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah
Indikator : 1.1. Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah 1.2. Mengelompokan sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah
2.1. Membacakan dalil naqli yang berkenaan dengan sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah,maani dan manawyah
2.2 Menjelaskan dalil aqli tentang sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah,maani dan manawyah
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 1.2. Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah 1.2. Mengelompokan sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah, salbyah, maani dan manawyah 2.1. Membacakan dalil naqli yang berkenaan dengan sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah,maani dan manawyah 2.2. Menjelaskan dalil aqli tentang sifat- sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah Materi Pembelajaran : - Sifat –sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah, maani dan manawyah
- Dalil naqli dan aqli tentang sifat wajib Allah yang nafsyah,salbyah,maani dan manawyah
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”




Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 6,7 / 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 2.Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat- sifatnya Kompetensi : 2.3Mengartikan sifat- sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
2.4. Menunjukan ciri –ciri perilaku orang yang beriman terhadap sifat wajib , mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT dalam kehidupan sehari- hari
Indikator : 1.Mengelompokam sifat- sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Menyebutkan sifat jaiz yang di miliki Allah
1.Menyebutkan ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
Mengelompokam sifat- sifat mustahil bagi Allah SWT Menyebutkan sifat jaiz yang di miliki Allah Menyebutkan ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Materi Pembelajaran : Sifat mustahil dan jaiz bagi Allah
Ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 8,9/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 2.Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat- sifatnya Kompetensi : 2.3Mengartikan sifat- sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
2.4. Menunjukan ciri –ciri perilaku orang yang beriman terhadap sifat wajib , mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT dalam kehidupan sehari- hari
Indikator : 1.Mengelompokam sifat- sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Menyebutkan sifat jaiz yang di miliki Allah
1.Menyebutkan ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
Mengelompokam sifat- sifat mustahil bagi Allah SWT Menyebutkan sifat jaiz yang di miliki Allah Menyebutkan ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Materi Pembelajaran : Sifat mustahil dan jaiz bagi Allah
Ciri- ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian :






Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 10,11/ 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah SWT ( ikhlas,taat,khauf dan taubat ). Kompetensi Dasar : 3.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat. 3.2.Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat. Indikator :
3.1.1.Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas. 3.1.2.Menjelaskan pengertian dan pentingnya taat. 3.1.3.Menjelaskan pengertian dan pentingnya khauf. 3.1.4.Menjelaskan pengertian dan pentingnya taubat 3.2.1.Menyebutkan bentuk dan contoh sikap ikhlas,taat, khauf dan taubat. 3.2.2.Menunjukkan ciri-ciri orang yang memilki sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat.
Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa dapat : - .Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat. - Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat. Materi Pembelajaran : - Akhlak terpuji kepada Allah ( ikhlas,taat,khauf dan taubat). - Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat. Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran. B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan. C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian :






Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII-1 Pertemuan /Waktu : 12,13 / 4 X 40 Menit Standar Kompetensi : 3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah SWT ( ikhlas,taat,khauf dan taubat ). Kompetensi : 3.3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat. 3.4. Membiasakan prilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. Indikator : 3.3.1.Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan sehari-hari. 3.3.2.Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan sehari-hari. 3.3.3..Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan sehari-hari. 3.3.4.Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan sehari-hari. 3.4.1.Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga. 3.4.2.Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan madrasah . 3.4.3.Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa dapat : - Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan sehari-hari. - Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan sehari-hari. - Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan sehari-hari. - Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan sehari-hari. - .Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga. - .Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan madrasah . - .Menunjukkan cotoh sikap ikhlas,taat,khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.
Materi Pembelajaran : Nilai-nilai positif dari ikhlas,taat,khauf dan taubat. Akhlak terpuji kepada Allah SWT.
Metade Pembelajaran : - Ceramah, tanya jawab, diskusi. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan pendahuluan : - Appersepsi, motinasi, ,menyampaikan tujuan pembelajaran.


B. Kegiatan inti : - Guru membagi siswa beberapa kelompok. - Guru membagikan work sheet yang telah disediakan. - Siswa mendiskusikan sesuai dengan kelomopknya. - Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusinya. - Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah didiskusikan.
C. Kegiatan penutup - Guru memberikan evalusi. Alat atau sumber belajar Alat : Tes tulis. Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI”
Penilaian :

Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir




Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 JULI 2008
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar