Kamis, 27 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) वी-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Sungai Apit Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas / Semester : VII/ II Pertemuan /Waktu : 1 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetensi : 4. Memahami 10 Asmaul Husna ( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ). Indikator : 4.1.1. Menjelaskan dalil yang berkaitan dengan Asmaul Husna. 4.1.2. Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Asmaul Husna 4.1.3. Menyebutkan Arti 10 Asmaul Husna. 4.1.4. Menjelaskan isi kandungan 10 Asmaul Husna. I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian asmau l husna. 2. Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan 10 asmaul husna. 3. Menyebutkan arti 10 asmaul husna. 4. Menjelaskan isi kandungan 10 asmaul husna II. Materi Pembelajaran Materi pembelajaran pertemuan pertama : 1. Pengertian asmaul husna 2. Dalil yang berkaitan/ tentang asmaul husna ( QS. Al- Isra’ : 110 dan Al-A’raf : 180 ) Materi pembelajaran pertemuan kedua : 1. 10 asmaul husna 2. Arti 10 asmaul husna 3. Isi kandungan asmaul husna III. Metade Pembelajaran : - Metode tanya jawab, ceramah, diskusi, model card sort. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan pendahuluan : 1. Appersepsi 2. Maotivasi ( permainan tebak kata ) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan inti : 1. Masing-masing siswa diberikan kartu indek yang berisi materi pelajaran, kartu indek dibuat berpasangan berdasarkan definisi, kategori/ kelompok. 2. Guru menunjuk salah satu siswa yang memegang kartu, siswa yang lain diminta berpasangan dengan siswa tersebut bila merasa kartu yang dipegangnya memiliki kesamaan difinisi atau kategori. 3. Guru membuat catatan penting dipapan tulis pada saat pembelajaran. C. Kegiatan penutup - siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran hari ini. - siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau sumber belajar Alat : Card sort Sumber : - Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ - Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian : Tehnik ; Test lisan Bentuk tes ; Jawaban singkat Soal ; Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 2 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 4. Memahami Asmaul Husna Kompetensi Dasar : 4.2. Menunjukkan bukti kebenaran tanda2 kebesaran Allah melalui sifatnya dalam 10 Asmaul Husna( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An- Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ). Indikator : 4.2.1. Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 asmaul husna dari lingkungan sekitar 4.2.2. Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 asmaul husna dari makhluk ciptaan- Nya I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 asmaul husna dari lingkungan sekitar 2. Menjelaskan kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 asmaul husna dari makhluk ciptaan-Nya II. Materi Pembelajaran 10 Asmaul Husna ( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ). III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. 2. Model The Power Of Two IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Guru mengajukan pertanyaan satu atau lebih yang menuntut perenungan dan pemikiran 2. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut secara individual. 3. Kemudian minta kepada mereka berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya. 4. Mintalah pasangan tersebut membuat jawaban baru untuk setiap pertanyaan dan sekaligus memperbaiki jawaban individu. 5. Minta masing-masing pasangan untuk menjawab dan bandingkan jawaban setiap pasangan tersebut. 6. Guru menjelaskan dan mengarahkan C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 3 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 4. Memahami Asmaul Husna Kompetensi Dasar : 4.3. Menunjukkan prilaku orang yang megamalkan 10 Asmaul Husna( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An- Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ). Indikator : 4.3.1. Menyebutkan bentuk dan contoh sifat Allah dalam 10 asmaul husna yang dapat diteladani manusid dalam kehidupan 4.3.2. Menunjukkan ciri orang yang meneladani sifat Allah dalam 10 asmaul husna I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menjelaskan bentuk dan contoh sifat Allah dalam 10 asmaul husna dari lingkungan sekitar 2. Menjelaskan ciri-ciri orang yang meneladani sifat Allah dalam 10 asmaul husna II. Materi Pembelajaran 10 Asmaul Husna ( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ) yang perlu disikapi dalam kehidupan sehari-hari. III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 4 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 4. Memahami Asmaul Husna Kompetensi Dasar : 4.4. Meneladani sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An- Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ). Indikator : 4.4.1. Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul dilingkungan keluarga 4.4.2. Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul dilingkungan madrasah 4.4.3. Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul dilingkungan masyarakat. I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Mengamalkan sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul dilingkungan keluarga, madrasah dan masyarakat.
II. Materi Pembelajaran 10 Asmaul Husna ( Al-Aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Bar, Al-Hakim, AFattah, Al-Adl dan Al-Qayyum ) yang perlu disikapi dalam kehidupan sehari-hari. III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 5 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat Kompetensi Dasar : 5.1. Menjelaskan pengertia dan pentingnya iman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan syaitan. Indikator : 5.1..1. Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT. 5.1.2. Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat 5.1.3. Menjelaskan pengertian makhluk ghaib seperti jin, iblis dan syaitan 5.1.4. Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan syaitan. I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Menjelaskan pengertian iman kepada malikat, kepada makhluk ghaib serta dalil tentang adanya malaikat dan makhluk ghaib. II. Materi Pembelajaran Pengertian iman kepada malaikat, dalil tentang adanya malaikat ( QS. Fathir : 1 ), pengertian jin, iblis dan syaitan, dalil naqli ntentang adanya jin syatan dan iblis. III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 6 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat Kompetensi Dasar : 5.2. Menunjukkan bukti kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan syaitan. Indikator : 5.2.1. Menyebutkan tanda-tanda tentang adanya malaikat 5.2.2. Menyebutkan tanda-tanda tentang adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan syaitan I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat, makhluk ghaib ( jin, iblis dan syaitan ) II. Materi Pembelajaran Bukti kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib adanya jin syatan dan iblis. III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 7 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat Kompetensi Dasar : 5.3. Menjelaskan tugas dan sifat malaikat dan makhluk ghain lainnya ghaib lainnya seperti jin, iblis dan syaitan. Indikator : 5.3.1. Menyebutkan nama dan tugas malaikat 5.3.2. Menyebutkan keterkaitan ketaatan malaikat dengan perbuatanya 5.3.3. Menyebutkan sifat makhluk ghaib (jin,iblis dan setan) 5.3.4. Menjelaskan perbedaan malaikat ,jin,iblis dan setan 5.3.5 Menjelaskan sifat jin ,iblis dan setan dengan perbuatan manusia I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Menyebutkan nama dan tugas malaikat,menyebutkan sifat-siftanda-tanda adanya malaikat, makhluk ghaib ( jin, iblis dan syaitan ) II. Materi Pembelajaran Nama,tugas,sifat malaikat dan perbedaan malaikat,jin,iblis dan setan III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir


Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 8 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat Kompetensi Dasar : 5.4 Menunjukan ciri-ciri prilaku beriman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainya seperti jin,iblis dan setan Indikator : 5.4.1. Men unjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya . I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainnya II. Materi Pembelajaran Ciri-ciri prilaku orang yang beriman kepada malaikat dan makhluk ghaib lainya III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 9 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 6. Menghindari akhlak tercela kepada AllahSWT Kompetensi Dasar : 6.1. Menjelaskan pengertian riya dan nifak : 6.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh prilaku riya dan nifak Indikator : 6.1.1 Menjelaskan pengertian riya dan nifak 6.2.1 Menjelaskan bentuk dan contoh riya dan nifak . I.Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : Menjelaskan pengertian riya dan nifak serta menyebutkan bentuk dan contoh perbuatan riya dan nifak II. Materi Pembelajaran Pengertian riya dan nifak,bentuk dan contoh perbuatan riya dan nifak,QS.Al Baqarah :14 III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca buku tentang 10 asmaul husna terkait dengan prilaku orang yang mengamalkan asmaul husna 2. Elaborasi ; Siswa secara berkelompok menjelaskan prilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna 3. Konfirmasi ; Guru memberikan penegasan terhadap materi. C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir
Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 10 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 6. Menghindari akhlak tercela kepada AllahSWT Kompetensi Dasar : 6.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifak Indikator : 6.3.1. Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya 6.3.2. Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifak I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menyebutkan nilai-nlai negatif dari riya 2. Menyebutkan nilai-nlai negatif dari nifak II. Materi Pembelajaran 1. Akibat perbuatan riya QS.Al Baqarah :264 2. Akibat perbuatan nifak QS.An-Nisa’ : 145 III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca dan menelaah buku tentang nilai negatif riya dan nifak 2. Elaborasi ; Siswa bersama guru menjelaskan nilai negatif dari riya dan nifak menjelaskan 3. Konfirmasi ; - Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa - Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Kelas/ Semester : VII/ II Pertemuan / Waktu : 10 ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetisi : 6. Menghindari akhlak tercela kepada AllahSWT Kompetensi Dasar : 6.4. Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifak Indikator : 6.4.1. Menghindari diri dari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifak 6.4.2. MenghindarI perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari- hari dalam lingkungan keluarga 6.4.3. MenghindarI perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari- hari di lingkungan madrasah 6.4.3. MenghindarI perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari- hari di lingkungan masyarakat I. Tujuan Pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menyebutkan nilai-nlai negatif dari riya 2. Menyebutkan nilai-nlai negatif dari nifak II. Materi Pembelajaran 1. Cara menghindari perbuatan riya 2. Cara menghindari perbuatan nifak III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah, tanya jawab, diskusi. IV. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan 1. Appersepsi 2. Motivasi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti. 1. Eksplorasi ; Siswa membaca dan menelaah buku tentang nilai negatif riya dan nifak 2. Elaborasi ; Siswa bersama guru menjelaskan nilai negatif dari riya dan nifak menjelaskan 3. Konfirmasi ; - Guru memberikan penegasan terhadap pendapat siswa - Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa C. Kegiatan Penutup - Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. - Siswa menjawab pertanyaan dari guru. V. Alat atau Sumber Belajar 1. Buku aqidah akhlak kelas VII “ Tiga Serangkai “ 2. Al-Qur’an terjemahan “ Depag RI” VI. Penilaian 1. Tehnik : Tes tertulis 2. Bentuk Test : Essay 3. Soal : Terlampir

Mengetahui,
Kepala MTsN Sungai Apit



T. Effendi, SPd
NIP : 1970 1010 1997 031 004 Sungai Apit, 04 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



Dra. Wisdamurti
NIP : 1970 0814 2002 122002

1 komentar:

  1. How to register at a casino? - TrickToAction
    Casino 플렉스 홀덤 Games · 넷마블 주소 Casino Club · Casino Night 스포츠토토 직원 샤오미 · 토토 사이트 제작 샤오 미 Casino Royale · 베트맨토토 Casino War · Casino War · Casino Vegas · Casino War. · Casino War.

    BalasHapus